Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Penulis

  • Muhamad Priya Nur Alfatih Tanri Abeng University
  • Tri Wahyu Widyaningsih Tanri Abeng University

DOI:

https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v8i1.722

Kata Kunci:

Kepuasan Pelanggan, Kuesioner, Customer Satisfaction Index (CSI), Pengujian Black Box

Abstrak

Ketan Susu adalah sebuah hidangan yang terdiri dari ketan putih yang khas. Sehingga hidangan ini sering kali menjadi camilan yang populer di banyak tempat, Owner perlu mengetahui tingkat kepuasan pelanggan guna meningkatkan kualitas pelayanan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui testimoni pelanggan yang diperoleh melalui aplikasi yang telah dikembangkan. Terdapat lima kelompok pertanyaan dalam aplikasi tersebut untuk memahami berbagai aspek pengalaman konsumen. Setelah data testimoni terkumpul, kepuasan pelanggan diukur dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI)[1]. Metode CSI digunakan untuk menganalisis dan menilai sejauh mana pelanggan puas dengan layanan yang diberikan. Dengan menggunakan metode CSI, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan konsumen dapat diukur secara objektif dan sistematis. Berdasarkan hasil pengukuran CSI dari 40 responden menunjukkan bahwa aspek Jarak Lokasi mencapai 84,475%, Pelayanan 80,675%, Kualitas 83,15%, Kenyamanan 79,55%, dan Harga 84,475%. Dengan total skor sebesar 82,4% dan dapat di simpulkan bahwa konsumen merasa sangat puas. Analisis ini memberikan pandangan yang jelas terkait aspek-aspek yang perlu perbaikan serta keberhasilan pelayanan yang telah dilakukan. Kemudian dilakukan pengujian black box untuk memeriksa fungsionalitas aplikasi. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat bekerja dengan baik, meliputi proses login admin, pengisian kuisioner, menampilkan menu yang menampilkan informasi bahan dan gizi. Kesimpulan dari uji black box menunjukkan bahwa aplikasi dapat memperoleh data kepuasan konsumen yang valid dan reliabel yang di gunakan untuk mengumpulkan data kepuasan pelanggan. Hasil pengukuran ini dapat menjadi dasar bagi pemilik restoran untuk mengimplementasikan perubahan yang diperlukan guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga daya saing di industri kuliner.

Keywords — Kepuasan Pelanggan, Kuesioner, Customer Satisfaction Index (CSI), Pengujian Black Box

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-01