Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi CBT di Universitas Islam Madura menggunakan Metode TAM
DOI:
https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v7i3.689Kata Kunci:
CBT, TAM, Kepuasan, PenggunaAbstrak
Abstrak— Di era komputer dan internet sekarang ini, teknologi informasi telah menjadi bagian penting dari banyak industri, termasuk pendidikan. Salah satu kemajuan besar dalam evaluasi pendidikan adalah Tes Berbasis Komputer (CBT). Aplikasi CBT sebagai metode tes online adalah cara yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi dalam lingkungan pendidikan.Selama pengujian, beberapa lembaga pendidikan telah menggunakan aplikasi CBT ini. Hingga tidak ada penelitian yang secara khusus mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna aplikasi CBT di Universitas Islam Madura. Namun, kepuasan pengguna merupakan kunci keberhasilan penggunaan teknologi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna dari aplikasi CBT yang saat ini ada di Fakultas Teknik, dengan harapan dapat membantu dalam pengembangan aplikasi CBT yang saat ini ada di Fakultas Teknik. Dalam penelitian ini, metode TAM digunakan untuk mengidentifikasi elemen apa saja yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan teknologi. Dari lima
hipotesis yang diajukan, tiga disetujui dan dua ditolak, Hasilnya 80% dari variabel penelitian mempengaruhi kepuasan pengguna dengan fungsi dan layanan yang diberikan oleh aplikasi CBT. Hasilnya menunjukkan bahwa analisis aplikasi CBT dengan metode TAM dapat diterima.Namun,Meskipun dapat diterima, masih diperlukan peningkatan pada sistem ini, seperti
peningkatan pelatihan dan dukungan pengguna, optimalisasi biaya, pemantauan performa terusmenerus, dan pembaruan informasi berkala. Dengan demikian, tingkat kepuasan pengguna yang sudah tinggi dapat terus ditingkatkan.