Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Layanan Jasa Cetak di Bintang Printama Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v7i3.680Abstrak
Abstract— Percetakan Bintang Printama Pamekasan setiap bulannya melayani order percetakan. Dalam proses pelaksanaannya mengalami permasalahan terutama dalam proses pelayanan kepada pelanggan yang akan melakukan order jasa percetakan dimana tidak dapat terlayani dengan cepat hal ini karena banyaknya pelanggan serta ruang yang tersedia tidak terlalu luas dan juga pelanggan harus mendatangi Percetakan Bintang Printama Pamekasan untuk melakukan order pencetakan [6]. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan teknologi informasi pemesanan Bintang Printama Pamekasan berbasis web.Tujuan penelitian ini adalah melakukan Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Layanan Jasa Cetak Di Bintang Printama Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara dengan pemilik, karywan dan konsumen Bintang Printama Pamekasan. Perancangan sistem menggunakan waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat membantu Bintang Printama Pamekasan dalam mengelola data bahan produk, produk, pemesanan dari customer dan pembayarannya. Bintang Printama Pamekasan dapat membuat laporan yang diperlukan secara otomatis dengan rentang waktu yang diperlukan. Customer mudah melakukan pemesanan secara online. Hasil testing diketahui bahwa fungsionalitas aplikasi berjalan dengan baik.