Kajian Semiotika Iklan Media Luar Ruang Yang Terletak Di Nodes Dalam Teori Image Of The City, Studi Kasus: Kota Jakarta Dan Bandung

Authors

  • Mohamad Wisnu Ibadi Dosen

DOI:

https://doi.org/10.47970/arsitekta.v2i02.200

Keywords:

Iklan Media Luar Ruang, Nodes, Image of the City

Abstract

Kevin Lynch di dalam bukunya yang berjudul Image of the City, menyatakan unsur-unsur visual lingkungan yang
terdapat pada elemen-elemen kota seperti Path, Nodes, District, Edges, dan Landmark, memiliki peranan
penting dalam membentuk citra kota bagi warga kota dan pengamat. Dari penelitian sebelumnya, periklanan
media ruang luar (reklame) pada kota-kota di Indonesia saat initernyata telah dengan sangat masif menempati
lokasi-lokasi strategis yang terdapat pada elemen-elemen kota dalam teori Image of The City. Iklan Media Luar
Ruang atau dikenal oleh Pemerintah Daerah dengan nama Reklame di Dinas Pendapatan Daerah, adalah Iklan
yang terletak di ruang publik perkotaan dan daerah dalam bentuk billboards, spanduk dan lain-lain.. Penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji Iklan Media Luar Ruang dari Ilmu Semiotika dengan menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pemerintah daerah
untuk lebih memperhatikan pengaruh Iklan Media Luar ruang terhadap ruang publik perkotaan yang seharusnya
menjadi milik warga kota. Penelitian ini mengkhususkan kepada Iklan Media Luar Ruang terletak di Nodes dalam
Image of The City dengan mengambil studi kasus di kota Jakarta dan Bandung.

Downloads

Published

2020-12-31