Kajian Semiotika Iklan Media Luar Ruang Sebagai District dan Landmark Dalam Image of The City

Authors

  • Mohamad Wisnu Ibadi Dosen

Keywords:

iklan media ruang luar, district, landmark, ruang publik kota, image of the city

Abstract

Dalam beberapa tinjauan ilmiah, iklan media ruang luar tidak termasuk dalam salah satu bentuk komunikasi massa seperti media elektronik dan cetak. Padahal bila ditinjau dari ciri, fungsi dan elemennya, iklan media ruang luar jelas masuk ke dalam bentuk komunikasi massa. Suatu iklan dalam iklan media ruang luar disusun berdasarkan tanda-tanda visual. Termasuk di dalamnya adalah (tanda) tulisan dan (tanda) gambar yang digunakan sebagai teks (kode) sebagai representasi pesan yang ingin ditampilkan, Namun hal terpenting dalam penempatan sebuah iklan media luar ruang adalah lokasi penempatannya yang berada di area publik kota karena bertujuan untuk mendapatkan sebanyak mungkin masayarakat yang melihatnya. Letak-letak penempatan iklan media luar ruang ini kemudian secara perlahan menempati elemen-elemen yang dikemukakan oleh Kevin Lynch dalam bukunya Image of the City. Penelitian ini akan mengkaji menggunakan ilmu Semiotika dengan penekanan pada iklan media luar ruang yang berada sebagai District dan Landmark di buku Image of the City. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil studi kasus di Kota Bandung. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tujuan dari penempatan iklan media luar ruang di ruang publik kota ternyata  bukan lagi sebagai media, tetapi telah menjadi pesan dari iklan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan agar pemerintah kota lebih memperhatikan elemen-elemen visual kotanya di ruang-ruang publik kota, untuk kepentingan warga kotanya

Downloads

Published

2020-08-28