Modernisasi Pengendalian Motor DC Sistem Seri Menjadi Sistem Paralel di ILST, BBTA3-BPPT

Authors

  • Asep Dadan Hermawan Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kawasan PUSPIPTEK, Gd. 240, Setu, Setu, Tangerang Selatan, Banten 15314

Keywords:

Sistem Pengendali, Motor DC, Sistem Seri, Sistem Paralel, ILST

Abstract

BPPT unit BBTA3 adalah Instansi Pemerintah yang bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan teknologi aerodinamika, aeroelastika dan aeroakustika di Indonesia. Fasilitas yang dimiliki oleh BBTA3 adalah ILST (Indonesian Low Speed Tunnel), Salah satu fasilitas yang digunakan dalam aktivitas pengujian adalah fan drive. Sistem pengendali fan drive lama menggunakan sistem seri, dimana motor 1 dan motor 2 dihubungkan secara seri yang berarti bahwa terminal jangkar dan terminal medan dari masing - masing motor dihubungkan secara seri. Kerugian dari sistem ini membutuhkan energi listrik yang besar dalam operasinya dan harmonik tinggi. Untuk menghindari penggunaan energi listrik yang besar dalam pengoperasian dan untuk meningkatkan kualitas harmonik sesuai standar maka sistem pengendalian motor dc sistem seri diperbaharui dengan sistem paralel. Dalam sistem paralel, setiap terminal jangkar motor dan terminal medan disuplai oleh sumber daya dan pengendali motor dc secara masing - masing. Pembaruan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sistem dalam meningkatkan layanan kepada para pengguna baik dari kalangan nasional maupun internasional.

Downloads

Published

2020-01-21