Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Pemrograman untuk Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.47970/snarstek.v2i1.706Kata Kunci:
AI, Algoritma, Mahasiswa, Pengajaran, PemrogramanAbstrak
Penelitian ini berusaha mengeksplorasi implementasi pembelajaran pemrograman di level universitas dengan bantuan tools-AI dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa akan materi pemrograman. Meningkatnya permintaan akan programmer yang mahir di dunia yang didorong oleh teknologi saat ini memerlukan pendekatan inovatif dalam pengajaran dan pembelajaran. Memanfaatkan kecerdasan buatan dalam pendidikan pemrograman bertujuan untuk meningkatkan efektivitas metode pengajaran, memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasi dan adaptif. Penelitian ini mengkaji dampak bantuan AI pada tiga kelompok mahasiswa dalam memahami aneka studi kasus. Temuan dari kasus ini diharapkan dapat berkontribusi dalam hal pemanfaatan AI di dunia pendidikan tinggi, khususnya dalam konteks pengajaran pemrograman. Dari hasil amatan terhadap tiga kelompok mahasiswa didapatkan tingkat penguasaan pemrograman dan algoritma mahasiswa yang menggunakan metode pengajaran berbasis AI lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang menggunakan metode pengajaran konvensional.