Analisis Kepuasan Pengguna Senayan Library Management System menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Nurdiana Fajrin Marpaung Universitas Pesantren Tinggi darul Ulum Jombang
  • Ahmad Farhan Universitas Pesantren Tinggi darul Ulum Jombang
  • Nufan Balafif Universitas Pesantren Tinggi darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v8i3.830

Keywords:

End User ComputingbSatisfaction, Customer Satisfaction Index, Kepuasan Pengguna, SLiMS

Abstract

SLiMS merupakan sistem otomasi perpustakaan yang digunakan untuk mengelola berbagai aktivitas, seperti katalogisasi, sirkulasi, dan pencarian informasi, guna mendukung layanan perpustakaan yang lebih efisien. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana tingkat kepuasan pengguna pada SLiMS di perpustakaan MAN 1 Jombang dengan menggunakan variabel End User Computing Satisfaction (EUCS) yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, Timelines dan User Satisfaction. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan melibatkan 94 respondenp yang dipilih menggunakan teknik convience sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan metode EUCS dan CSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel Ease of Use dan variabel Timelines yang memiliki pengaruh signifikan terhadap User Satisfaction. Berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan menggunakan Customer Satisfaction Index, dapat disimpulkan bahwa pengguna SLiMS, dengan nilai rata-rata CSI sebesar 82,18% dari variabel Ease of Use dan Timeliness memperoleh skor yang menunjukkan kategori Sangat Puas.

Downloads

Published

2025-05-29