Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Codeigniter, Bootstrap Dan Mysql (Studi Kasus: Raudhatul Athfal Az-Zahra)

Authors

  • Aldha Aulia Syahfitri Universitas Tanri Abeng
  • Muhamad Femy Mulya Universitas Tanri Abeng
  • Pramitha Dwi Larasati Universitas Tanri Abeng
  • Saipul Anwar Universitas Tanri Abeng

DOI:

https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v6i2.375

Keywords:

Website, Waterfall, UML, ERD, CodeIgniter, Bootstrap, BlackBox Testing

Abstract

Abstract— Peserta didik merupakan sumber daya dasar dan terpenting dalam proses pendidikan formal. Penerimaan siswa baru adalah proses seorang menjadi siswa di sekolahan. Raudhatul Athfal merupakan tempat belajar bagi anak usia dini yang memilki muatan agama lebih banyak, termasuk menghafal surat-surat pendek dalam al-Qur’an. Pada proses penerimaan peserta didik baru saat ini di Raudhatul Athfal Az-Zahra masih dilakukan secara manual, sehingga menjadi kurang efektif dan efisien karena proses penerimaan peserta didik baru tersebut dapat memakan waktu dan tenaga bagi peserta yang ingin mendaftar sebagai peserta didik baru. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisis alur kerja sistem informasi penerimaan peserta didik baru berbasis website di RA Az-Zahra, sehingga orang tua calon peserta didik dapat dengan mudah mengakses informasi dan proses pendaftaran, serta pada penelitian kali ini juga akan dibangun sistem informasi berbasis website yang dapat mengatasi permasalahan baik dari sisi calon peserta didik maupun pihak sekolah. Pada penelitian ini, menggunakan metode perancangan sistem Waterfall, lalu untuk tools perancangan sistemnya menggunakan pemodelan UML, serta untuk pemodelan database menggunakan ERD. Sistem Informasi yang dibangun menggunakan Framework CodeIgniter dan Framework Bootstrap untuk mempercantik tampilan website yang dibangun. Kemudian dari hasil pengujian dengan menggunakan BlackBox Testing dari beberapa responden diperoleh tingkat keberhasilan sistem yang dibangun sebesar 95%.

Downloads

Published

2023-03-31