Agile Scrum Model for Development of e-Customer Relationship Management to Support Warehouse Rental Services

Authors

  • Nizam Haqqizar Universitas Tanri Abeng
  • Tri Wahyu Widyaningsih Universitas Tanri Abeng
  • Meta Amalya Dewi Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v6i2.374

Keywords:

electronic, customer relationship management, client, layanan, scrum

Abstract

Abstract— Penggunaan Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi peningkatan layanan, khususnya bagi perusahaan logistik yang berorien-tasi pada pelanggan untuk memberikan kemudahan kepada tim penjualan dalam mengelola data klien dan aktivitas tim penjualan, karena saat ini tidak ada catatan detail klien dan aktivitas penjualan tim, ditambah in-formasi sarana dan prasarana unit yang terbatas sehingga menyulitkan tim penjualan dalam menawarkan produk. Makalah ini disajikan sebagai analisis kebutuhan pengembangan CRM berbasis web dengan menggunakan pendekatan Scrum. Scum dipilih karena mudah beradap-tasi dengan perubahan. Pembangunan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework YII 1.1, JavaScript, HTML, CSS, dan MySQL sebagai database, template bootstrap digunakan untuk memper-cantik tampilan. Hasil perancangan ZEUS CRM ini dapat memberikan layanan sewa gudang yang mudah kepada klien.

Downloads

Published

2023-03-31