Analisis Keamanan Jaringan WPA2-PSK Menggunakan Metode Penetration Testing (Studi Kasus : Router Tp-Link Mercusys Mw302r)

  • Mochamad Adhari Adiguna Universitas Pamulang
  • Bambang Wisnu Widagdo Universitas Pamulang
Keywords: Analisis Keamanan Jaringan WPA2-PSK, Penetration testing, Kali Linux

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi melalui komunikasi data tanpa kabel yang dimana keamanan jaringan wireless LAN menjadi penting dan menjadi perhatian, jaringan yang terhubung ke internet pada dasarnya tidak aman dan selalu dapat diekploitasi oleh para hacker dan cracker. Ketika data berkomunikasi pada lalu lintas data dimana data dikirim dan melewati terminal untuk mencapai tujuan, maka pada saat itu pengguna lain yang tidak bertanggungjawab memiliki kesempatan untuk mengubah data dan atau menyadap. Oleh karena itu, perancangan sistem keamanan jaringan wireless yang terhubung ke internet harus direncanakan dan dipahami dengan baik.
Standar jaringan nirkabel IEEE 802.11 yang menggunakan enkripsi WEP memiliki kelemahan yang memungkinkan seorang penyusup mengetahui kode enkripsinya. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, kami melakukan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui vulnerability atau celah keamanan pada jaringan WPA2-PSK dan untuk mengetahui fitur sistem operasi kali linux dalam menganalisis Router TP-Link Mercusys MW302R dalam keamanan jaringan WPA2-PSK. Metode untuk ujicoba dengan metode penetration testing. Metode Penetration testing yang kami gunakan menggunakan sistem operasi kali linux dengan tahapan: Planning and Preparation, Reconnaissance, Discovery, Analyzing information and risk, Active intrusion attempts, Final analysis, Report preparation. Berdasar hasil analisis dan pengujian terhadap sistem operasi pada jaringan yang menggunakan router Tp-Link Mercusys Mw302r, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa port http dapat dieksploitasi oleh meterpreter melalui msfconsole pada kali linux dan setiap lalu lintas data pada jaringan, jika dilakukan proses scanning dan discovering selalu dan besar kemungkinan didapat vulnerability atau celah keamanan melalui port yang terbuka.

Published
2022-03-30