Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi E-Ticket Mobile dengan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Dinas Pariwisata Karangasem)

Authors

  • Ida Bagus Prayoga Bhiantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yota Ernanda Aryanto Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v5i1.227

Keywords:

Integration System, Mobile, Web, Extreme Programming

Abstract

Pariwisata merupakan suatu kegiatan dilakukan oleh manusia secara kelompok maupun perorangan untuk mengunjungi tempat yang menarik didalam wilayah suatu negara sendiri atau negara lain. Kabupaten Karangasem merupakan salah satu kabupaten di Bali yang memiliki banyak tempat wisata menjadi daerah yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Namun pendataan tempat wisata oleh Dinas Pariwisata masih dilakukan secara konvensional sehingga diperlukan pegawai serta waktu untuk melakukan pendataan tehadap tiket tempat wisata. Untuk itu dilakukan pengembangan “Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi E-Ticket Mobile dengan Metode Extreme Programming”. Metode Extreme Programming merupakan metode yang mengutamakan kecepatan sehingga sangat cocok untuk digunakan mengingat kebutuhan saat ini diperlukan pengembangan sistem yang mengharuskan cepat dan akurat. Metode ini memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, desain, penulisan code dan pengujian. Pada pengujian black box, output yang dihasilkan sistem sudah berfungsi sesuai dengan harapan. Dari pengujian running time menunjukan rata-rata waktu menyelesaikan setiap proses adalah 479 ms. Pada pengujian respon pengguna menunjukan sistem dapat digunakan dengan baik.

Downloads

Published

2021-09-30