E-Lapdu Fasilitas Kampus Universitas Pamulang pada Platform Andoid
DOI:
https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v3i2.149Keywords:
Application, Android, Black-box Testing, Complaint, Facility, PrototypeAbstract
Abstract — Universitas Pamulang adalah kampus dengan jumlah siswa terbanyak di LLDIKTI IV di Jawa Barat dan Banten pada tahun 2020 yang terbagi menjadi tiga lokasi bangunan. Dengan pembangunan gedung dan fasilitas kampus yang begitu cepat, hal itu juga akan meningkatkan perhatian pada perawatan dan pemeliharaan fasilitas yang ada di dalamnya. Ini tentu saja membuat penanganan kerusakan dan fasilitas perawatan perlu mendapatkan fokus perhatian dan respon yang cepat. Keluhan dari akademisi diperlukan untuk mengetahui fasilitas atau fasilitas publik yang perlu ditingkatkan dan menerima saran dari tugas yang telah dilakukan. Keluhan dari kalangan akademisi belum tersampaikan dengan baik sehingga membuat sivitas kebingungan harus menyampaikan keluhan kepada siapa. Dengan aplikasi Electronic Complaint Report (e-Lapdu) dibuat, fasilitas kampus pada platform akademik android dapat membuat keluhan tentang fasilitas kampus yang mengalami gangguan atau kerusakan online tanpa harus pergi ke atau mencari teknisi. Aplikasi ini dapat mengirim bukti keluhan yang terjadi seperti foto melalui smartphone dengan mengambil foto dari kamera atau galeri smartphone yang melaporkan. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah model prototipe. Hasil penelitian ini berupa aplikasi e-Lapdu dari fasilitas kampus yang berjalan di platform Android. Setelah melakukan pengujian dengan teknik pengujian black box pada aplikasi, secara fungsional aplikasi ini dapat berjalan seperti yang diinginkan oleh sivitas akademika Universitas Pamulang.