Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Cafe Dengan Integrasi Kansei Engineering Dan Model Kano ( Study Kasus : Senyawa Cafe )

Penulis

  • Berdyanti Stevanny Universitas Tanri Abeng
  • Teguh Baroto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Adhi Nugraha Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.47970/jttt.v1i2.487

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kansei Engineering, Kano Model

Abstrak

Eksistensi cafe dunia bisnis saat ini sangat tinggi, khususnya pada generasi muda yang mendominasi menjadi konsumen cafe. Namun tidak hanya kalangan generasi muda, eksistensi cafe juga dapat mendominasi segala umur. Dalam peningkatan pelayanan untuk loyalitas konsumen, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi dalam meningkatkan kualitasĀ  terhadap pelayanan yang diberikan oleh Senyawa cafe. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan mendiskripsikan keinginan konsumen maka digunakan metode Kansei Engineering dan Model kano. Kedua metode tersebut mampu mengidentifikasikan keinginan serta harapan konsumen secara penuh yang kemudian dapat dijadikan respon dalam memperbaiki kualitas pelayanan Senyawa cafe. Pengelompokkan atribut pada model kano untuk 14 atribut pelayanan didapatkan atribut pada kategori must-be be. Atribut yang termasuk kategori one-dimensional memiliki 15 atribut. Atribut yang termasuk kategori attractive memiliki 1 atribut layana. Pada metode kansei engineering untuk menilai produk atau jasa melalui perasaan dan emosi yang terdiri dari 9 atribut kansei word diantaranya lengkap, nyaman, strategis, professional, raman, murah, bersih, estetik dan menarik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-26