Konstruksi Sosial Emosi dalam Perkembangan Identitas Remaja di Media Sosial

Authors

  • Nadya Paramitha Universitas Persada Indonesia YAI
  • Woro Harkandi Kencana Universitas Persada Indonesia YAI

DOI:

https://doi.org/10.47970/jkd.v1i1.957

Keywords:

Konstruksi Sosial Emosi, Dua Akun Instagram, Perkembangan Identitas Remaja

Abstract

Remaja putri yang menjadikan fenomena memiliki dua akun berbeda menjadi sebuah budaya pada remaja dalam mengkonstruksi emosi dalam dirinya. Para remaja ini mengkonstruksi segala emosinya pada kedua akun tersebut. Mereka menyebutnya dengan akun pertama dan akun kedua serta memiliki beragam hasil unggahan yang berisi
bagaimana mereka mengelola dan mengekspresikan berbagai bentuk emosi pada kedua akun Instagram mereka.

Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengacu pada teori konstruksi sosial emosional yang mana teori tersebut dapat membantu para informan untuk mengatur atau mengekspresikan segala emosi pada kedua akun tersebut. Para remaja juga memiliki aturan-aturan mengenai berbagai bentuk emosi yang mereka salurkan pada kedua akun mereka.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sifat penelitiannya adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan utama mereka membuat dua akun yang berbeda adalah karena para remaja membutuhkan sebuah media untuk menyalurkan berbagai bentuk emosi dan juga memasang citra terbaik pada akun pertama mereka, sedangkan mereka tampil apa adanya ketika mereka menggunakan akun kedua mereka. Hal ini dibuktikan dengan hasil unggahan mereka yang berbeda pada kedua akun tersebut.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam perkembangan identitas para remaja masih mengeksplorasi berbagai hasil konstruksi emosinya pada kedua akunnya sehingga dalam perkembangan identitas yang dijalani para remaja ini masuk ke dalam 4 (empat) status identitas yaitu identity diffusion, identity foreclosure, identity moratorium & identity achievement.

Published

2025-10-13

How to Cite

Paramitha, N., & Harkandi Kencana, W. (2025). Konstruksi Sosial Emosi dalam Perkembangan Identitas Remaja di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dialogis, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.47970/jkd.v1i1.957