Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Pendayagunaan Tiang Flyover Kendaraan Pada Area Paths di Kota Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.47970/arsitekta.v4i02.360Keywords:
Tiang Flyover, Mural, Tanaman, Reklame, Persepsi MasyarakatAbstract
Pesatnya pembangunan dan besarnya jumlah penduduk yang beraktifitas serta tinggal di Kota Jakarta, adalah
akar dari berbagai masalah perkotaan, salah satu permasalahan itu adalah masalah transportasi kendaraan
dan kemacetan. Untuk mengurai kedua masalah tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun
banyak Jalan Layang Non Tol (JLNT) dan Mass Rapid Transportation (MRT). Konstruksi keduanya berada di atas
permukaan tanah atau flyover kendaraan, dengan ditunjang oleh tiang-tiang kolom besar di sisi sepanjang
jalan yang sudah ada. Penelitian ini ingin mengkaji bagaimana persepsi masyarakat terhadap pendayagunaan
tiang-tiang kolom besar penunjang konstrusi tersebut, dengan mengambil studi kasus di tiang-tiang JLNT
Antasari dan MRT Fatmawati-Lebak Bulus. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
Metode Penelitian Kuantitatif. Dari hasil pengamatan dalam penelitian awal, ada tiga jenis pendayagunaan
tiang-tiang besar tersebut, yaitu sebagai Lukisan Dinding (Mural), Tanaman Rambat (Vertikal) dan Media Iklan
Luar Ruang (Reklame). Penelitian kemudian dilanjutkan dengan menyebar kuesioner ke sejumlah responden
masyarakat kota untuk melihat bagaimana persepsi masyarakat terhadap ketiga jenis pendayagunaan tiangtiang flyover kendaraan tersebut.