Sistem Konsultasi dan Booking Service Mobil Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.47970/snarstek.v2i1.603Keywords:
Konsultasi kendaraan bermotor, Service kendaraan online, Laravel, Google maps api, MidtransAbstract
Penggunaan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi sudah tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia saat ini. Namun tidak jarang kendaraan bermotor, khususnya mobil, mengalami banyak kendala. Kendala yang terjadi memiliki alasan yang bermacam-macam dengan penanganan yang berbeda-beda pula. Kendala atau kerusakan kendaraan bermotor ini, tidak jarang membutuhkan konsultasi mendalam dan service kendaraan di bengkel. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibangunlah sebuah sistem konsultasi dan booking service mobil. Sistem ini menyediakan berbagai fitur bagi customer seperti untuk melakukan konsultasi permasalahan kendaraan, booking layanan service kendaraan di bengkel maupun di rumah, booking emergency service, reminder jadwal melakukan service, dan mereview hasil service yang diterima. Sistem ini juga menyediakan fitur bagi pengelola jasa service kendaraan yaitu admin dan teknisi. Admin dapat mendaftarkan teknisi, mengatur paket service, melayani konsultasi, konfirmasi booking service, dan melihat laporan rating, laporan hasil service, serta laporan hasil konsultasi. Teknisi dapat melihat daftar pekerjaan dan menerima reminder jadwal service yang telah diberikan. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metodologi Waterfall, menggunakan Bootstrap sebagai CSS Framework, Laravel sebagai fullstack PHP framework, MySQL sebagai basis data, Google Maps API untuk membantu dalam penandaan lokasi service, dan Midtrans sebagai payment gateway. Uji coba dilakukan pada 20 responden sebagai customer, 2 responden sebagai teknisi, dan 1 responden sebagai admin. Hasil ujicoba pada customer menunjukkan bahwa pada fitur booking service sebanyak 65% customer menyatakan telah berjalan dengan baik sekali dan 30% menyatakan baik, pada fitur lokasi emergency service sebanyak 70% customer menyatakan akurat dan 20% menyatakan cukup akurat, pada fitur konsultasi 100% customer menyatakan terbantu. Hasil ujicoba pada teknisi menunjukkan bahwa sebanyak 100% responden menyatakan bahwa fitur daftar pekerjaan, reminder pekerjaan, dan notifikasi email telah berjalan baik. Hasil ujicoba pada admin menunjukkan bahwa fitur konsultasi dan laporan telah berjalan dengan baik, serta membantu admin dalam menemukan customer baru