SWOT Analysis dan Quantitative Strategic Planning Matrix Dalam Peningkatan Penjualan Kap Lampu Pada CV. Salve Jaya

Authors

  • Annisa Febrianti Rahayu Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Tina Hernawati rogram Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sri Lestari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Joko Hardono srilestari2606@gmail.com

DOI:

https://doi.org/10.47970/snarstek.v2i1.558

Keywords:

IFAS Matrix, EFAS Matrix, SWOT Analysis, QSPM, Marketing, Marketing Strategy

Abstract

Semua usaha tentu memiliki strategi pemasaran tersendiri yang mampu meningkatkan penjualan terhadap produk yang ditawarkan, dimana tujuan dari semua usaha adalah memperoleh keuntungan. CV. Salve Jaya adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang dekorasi rumah yaitu kap lampu. Adapun masalah yang saat ini dihadapi yaitu penjualan kap lampu yang belum mencapai rata-rata target penjualan setiap bulannya, sehingga kondisi ini mendorong CV. Salve Jaya untuk merumuskan strategi sehingga tujuan untuk peningkatan penjualan kap lampu tercapai dengan tetap mempertimbangkan aspek lingkungan eksternal dan internal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta membuat rumusan strategi pemasaran yang dihasilkan dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil matrik IFAS sebesar 3,34 dan hasil matriks EFAS sebesar 3,09. Jika dilihat berdasarkan diagram matrik SWOT menjelaskan bahwa CV. Salve Jaya berada pada kuadran 1 untuk posisi Strength dan Opportunity. Berdasarkan matriks QSPM diperoleh delapan alternatif strategi, salah satu strategi utamanya memiliki skor terbesar yaitu 6,43. Strategi dengan skor terbesar ini, kemudian dijadikan sebagai rumusan alternatif pada strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan yaitu meningkatkan produksi serta berinovasi pada produk baru.

Downloads

Published

2024-01-29