Perancangan Literasi Digital Bahasa: Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia “AKSI” Kelas X berbasis Android

Authors

  • Yohanes Eka Wibawa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tanri Abeng

Keywords:

Literasi Digital, Uji Baca Daring, Web asesmen, SMA, AKSI, Client-Server

Abstract

Perkembangan teknologi media informasi Daring semakin mengalami peningkatan, seiiring penggunaan media sosial yang sering kali dijadikan sumber informasi oleh khalayak milenial muda.  Literasi sebagai dasar dari pengetahuan manusia yang terus berkembang. Dengan adanya Literasi Digital sebagai basis pengetahuan yang terintegrasi, diharapkan akan memberikan evaluasi kritis akan ketepatan informasi yang terkandung dalam konten digital, lewat pemahaman uji baca daring. Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat lunak berbasis web untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas tingkat Nasional Asesmen Kompetensi Siswa nasional (AKSI). Aplikasi yang berjalan dapat diakses meskipun tanpa sambungan Internet melalui serangkaian informasi dan pengujian. Siswa dapat  mengenal informasi edukasi tentang perkembangan teknologi terkini, kultur sosial, budaya yang berdampak pada masyarakat antara lain : Hoaks, Nontunai, Glokalisasi, Transportasi, Robotik, Sampah, Bencana dan Internet. Hasil Asesmen yang didapat menjadi tolak ukur kompetensi siswa SMA pada berbagai daerah di Indonesia khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dalam mengolah informasi yang diberikan melaui sistem aplikasi client-server.

Downloads

Published

2022-01-22