Analisis dan Perancangan E-ticket Metaverse Event Berbasis Midtrans Payment gateway (Studi Kasus: PT Semesta Realitas Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.47970/snarstek.v2i1.501Keywords:
E-ticket, Event, Laravel, Metaverse, Metode Scrum, MidtransAbstract
Di era modern seperti sekarang ini, dunia sedang mengalami perkembangan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi metaverse menjadi topik diskusi hangat di seluruh dunia, dengan kemampuannya menciptakan dunia virtual 3D dengan menggunakan teknologi AR dan VR dimana pengguna dapat tampil berinteraksi di dunia virtual yang nyata. PT Semesta Realitas Indonesia (Festivo) kini mengembangkan sebuah metaverse yang dapat menyajikan pengalaman baru dalam mengikuti event/festival secara virtual. Dalam pembuatan dunia metaverse, PT Semesta Realitas Indonesia (Festivo) membutuhkan sebuah website sebagai media promosi, pusat informasi, mengelola event metaverse dan tentu saja untuk transaksi ticketing secara online. Transaksi e-ticket menggunakan Midtrans payment gateway untuk mempermudah proses pembayaran. Dengan menggunakan UML yang digunakan dalam perancangan sistem dan ERD sebagai bagian dari perancangan database. Kemudian menggunakan metode Agile Scrum sebagai metode dalam pengembangan sistem. Aplikasi berbasis website ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, serta di bantu dengan framework Laravel dan Bootstrap. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis website yang telah dilakukan pengujian dengan menggunakan Black-Box testing dengan tingkat keberhasilan mencapai 90%, yang berarti sistem tergolong baik. Aplikasi dapat digunakan oleh perusahaan sebagai media promosi metaverse event, dan pembelian e-ticket dengan midtrans untuk masuk ke dalam dunia metaverse event.