PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) PADA BUTIK DWEEVA

Authors

  • Muhammad Fahrur Rasyaa Putraito Universitas Tanri Abeng
  • Saipul Anwar Universitas Tanri Abeng

DOI:

https://doi.org/10.47970/snarstek.v2i1.497

Keywords:

E-commerce, CMS, BMC, SWOT, B2C

Abstract

Dalam perkembangan teknologi para pelaku usaha dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang cepat, meningkatkan produktivitas, kemudahan serta menciptakan produk yang berkualitas, sehingga dapat menjangkau pangsa pasar yang luas. E-commerce merupakan salah satu teknologi yang berkembang secara pesat dalam internet, e-commerce merupakan alternatif bisnis yang dapat memberikan kemudahan dalam penyajian informasi terhadap kebutuhan konsumen. Butik Dweeva fashion muslimah merupakan usaha yang bergerak dibidang fashion muslimah. Permasalahan yang ada yaitu, masih menggunakan sistem manual dalam pendataan barang dan kegiatan bisnis proses yang ada, belum adanya sistem untuk menginformasikan detail produk, harga produk, ukuran produk, serta stok produk sehingga menyulitkan pelanggan dalam mencari informasi barang yang ingin dibeli, serta tidak terdapatnya laporan produk terlaris sehingga menyulitkan pegawai dalam mendata barang. Metode yang digunakan dalam membangun dan merancang e-commerce meliputi, metode analisis dan metode pengembangan. Metode analisis yang digunakan yaitu, Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT, metode pengembangan yang digunakan yaitu Metode Rapid Application and Development (RAD). Model bisnis yang digunakan merupakan Business to Consumer  (B2C), membahas pembuatan katalog produk, pemesanan produk, transaksi produk, konfirmasi pembayaran, serta laporan produk. Penelitian ini menghasilkan sistem e-commerce berbasis website, yang diharapkan dapat membantu mempermudah kegiatan bisnis proses yang ada dan meningkatkan penjualan serta dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas pada Butik Dweeva.

Downloads

Published

2023-01-22