Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt <p style="text-align: justify;">adalah jurnal yang menampilkan hasil-hasil riset dan kajian bidang rekayasa dan teknologi terapan, khususnya berbasis infrasturktur, konstruksi, industri, geologi, geofisika, pertambangan, perminyakan, gas bumi, energi terbarukan, dan keilmuan lain yang relevan.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Pengelola:</strong> Kerjasama antara Prodi Teknik Sipil dengan Prodi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik dan Teknologi, Tanri Abeng University.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Terbit 2 kali setahun</strong> : Mei dan Oktober</p> en-US JTTT@tau.ac.id (Jurnal Teknik & Teknologi Terapan) Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Penumpang di Kabupaten Lampung Utara (Studi Kasus Angkutan Pedesaan Trayek Kotabumi-Propau) https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/963 <p><strong>Kotabumi merupakan ibu kota Kabupaten Lampung Utara yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Lampung Utara. Angkutan yang ada di Kabupaten Lampung Utara terdapat beberapa macam trayek. Angkutan umum penumpang yang ada harus mempunyai kinerja atau pelayanan yang baik. Seiring meningkatnya kepemilikan kendaraan pribadi, angkutan perkotaan mengalami penurunan jumlah penumpang.&nbsp; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan, sesuai dengan Standar kinerja angkutan umum berdasarkan direktorat jendral perhubungan darat tahun 2002. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.&nbsp; Kesimpulan pada penelitian ini yaitu: Kinerja angkutan umum pedesaan trayek kotabumi – propau, (a) Nilai <em>headway</em> ideal yang didapatkan 11,50 menit, Nilai <em>Loadfactor</em> yang diperoleh sebesar 53,17%, (c) Nilai kecepatan perjalanan pada jam puncak yaitu 22,22km/jam dan jam normal 16,87km/jam. Berdasarkan standar kinerja angkutan umum pada rute Kotabumi – Propau diperoleh total nilai bobot menurut direktorat jendral perhubungan darat tahun 2002 yaitu sebesar 18 poin, sehingga kinerja operasional pelayanan angkutan umum pedesaan trayek Kotabumi – Propau ini termasuk kategori baik.</strong></p> Fery Hendi Jaya, Farida Juwita, Diana Nurafni, Mochamed Syahresa Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/963 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0000 Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) Terhadap Keberhasilan Proyek Pembangunan Fisik CWJ-01 Universitas Jambi https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/964 <p>Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan bagian terpenting dalam sebuah kegiatan proyek konstruksi yang mana hal tersebut dapat menjadi suatu permasalahan yang banyak menyita perhatian dikarenakan mencakup berbagai hal, diantaranya adalah dari segi kemanusiaan, biaya, manfaat ekonomi, serta aspek hokum yang harus dipertanggung jawabkan demi menjaga citra dari organisasi/perusahaan. Setiap kegiatan proyek konstruksi tentu akan memiliki target penyelesaian pekerjaan dengan tepat waktu, mutu dan biaya sesuai dengan apa yang telah direncanakan, banyak aktifitas proyek konstruksi yang dilaksanakan memiliki beberapa kendala didalamnya yang dapat memberikan kerugian, menyebabkan keterlambatan waktu penyelesaian pekerjaan, salah satu penyebab terganggunya adalah kecelakaan kerja yang memungkinkan dapat terjadi pada proyek konstruksi.Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis kausal komparatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis pengaruh penerapan SMKK terhadap keberhasilan proyek, pengaruh SMKK terhadap penyelesaian hambatan proyek serta analisis SWOT solusi penyelesaian proyek. Adapun populasi penelitian adalah owner, konsultan dan pekerja proyek CWJ-01 Universitas Jambi tahun 2023 dengan jumlah responden sebanyak 65 orang. Masa penelitian dari bulan Januari 2023 sampai dengan Juni 2023. Hasil penelitian adalah analisis penerapan SMKK masih rendah. Konsultan proyek menjelaskan bahwa sistem manajemen keselamatan, terutama dalam memenuhi persyaratan suatu proses produksi. Kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan yang dialami seorang pekerja bukan saja menjadi masalah bagi pekerja itu sendiri namun juga bagi anggota keluarganya serta kerugian yang besar bagi perusahaan. Kecelakaan kerja di tempat kerja pada umumnya dapat dicegah tanpa perlu mengeluarkan investasi dalam jumlah tinggi. Tingkat penerapan SMKK secara kolektif adalah sebesar 64%. Hal ini tentu mempengaruhi tingkat keberhasilan proyek.</p> Zufriel -, Nasryzal Carlo, Dwifitra Jumas, Martelius Peli, Rini Mulyani Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/964 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0000 Analisis Kelayakan Finansial Proyek Pembangunan Hunian Sewa Vertikal di Kota Surakarta https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/979 <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial proyek pembangunan hunian sewa vertikal di Kota Surakarta. Pertumbuhan penduduk di wilayah perkotaan dan keterbatasan lahan menjadi dorongan utama perlunya pembangunan hunian vertikal yang efisien secara lahan dan berkelanjutan secara ekonomi. Dalam penelitian ini, kelayakan finansial dianalisis melalui tiga parameter utama, yaitu Net Present Value (NPV), Benefit-Cost Ratio (BCR), dan Break Even Point (BEP). Data yang digunakan berasal dari estimasi biaya konstruksi, biaya operasional, serta proyeksi pendapatan sewa tahunan selama masa operasi proyek. Hasil analisis menunjukkan total biaya investasi sebesar Rp 5.090.432.901 dengan pendapatan tahunan Rp 1.050.000.000 dan biaya operasional tahunan Rp 200.010.270. Berdasarkan perhitungan dengan tingkat diskonto 5,25% dan umur proyek 15 tahun, diperoleh nilai NPV sebesar Rp 3.584.954.566, BCR sebesar 1,502 (&gt;1), serta BEP pada tahun ke-7,38. Nilai NPV yang positif dan BCR lebih besar dari satu menunjukkan bahwa proyek menghasilkan keuntungan bersih dalam nilai kini dan layak secara ekonomi. Sementara itu, BEP yang tercapai lebih awal menandakan bahwa pengembalian investasi dapat dicapai dalam jangka menengah. Dengan demikian, proyek ini memenuhi kriteria kelayakan finansial berdasarkan teori ekonomi teknik Grant, yang menekankan kesetaraan nilai uang terhadap waktu (<em>present worth equivalence</em>) dalam pengambilan keputusan investasi</strong></p> Bunga Katlya, Filki Suri Widyatami Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/979 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0000 Re-evaluasi Keamanan Casing Grade Q-125 Menggunakan Analisis Beban Maksimum pada Sumur Produksi "MK" https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/985 <p><strong>Pemasangan <em>casing</em> merupakan tahap krusial dalam kegiatan pemboran untuk menjamin integritas dan keamanan sumur. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan re-evaluasi keamanan penggunaan <em>casing grade</em> Q-125 yang telah terpasang pada sumur produksi "MK" di lapangan "AK". Menggunakan metode analisis beban maksimum (<em>maximum load</em>), penelitian ini melakukan perhitungan ulang terhadap tiga beban kritis yakni <em>burst</em> (tekanan internal), <em>collapse</em> (tekanan eksternal), dan <em>tension</em> (gaya tarik) pada rangkaian <em>surface casing</em> dan <em>production casing</em>. Hasil perhitungan pada <em>surface casing</em> hingga kedalaman 4.200 ft menunjukkan beban <em>burst</em> di permukaan sebesar 3818.7 Psi dan di dasar sebesar 1890.8 Psi, dengan beban <em>collapse</em> sebesar 3.071 Psi. Untuk <em>production casing</em> yang terpasang hingga kedalaman 14.200 ft, beban <em>burst</em> di permukaan adalah 3.800 Psi dan di dasar sebesar 3.842.8 Psi, sementara rentang beban <em>collapse</em> tercatat antara 3510 hingga 10166 Psi. Analisis ini membuktikan bahwa seluruh nilai beban maksimum yang diterima kedua rangkaian <em>casing</em> masih berada di bawah batas kapasitas aman (<em>rating</em>) dari <em>casing grade</em> Q-125. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain <em>casing</em> yang digunakan pada sumur "MK" adalah aman dan memiliki kekuatan yang </strong></p> Alfredo Daniel, Rian Cahya Rohmana Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/985 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0000 Karakterisasi Reservoir Berbasis Data Log dan Core pada Zona Shallow dan Deltaic di Lapangan "Alfa", Cekungan Kutai, Kalimantan Timur https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/986 <p><strong>Lapangan "Alfa" yang terletak pada Formasi Attaka di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur, memiliki potensi hidrokarbon pada zona <em>shallow</em> dan <em>deltaic</em> dengan litologi dominan batupasir dan batugamping. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan karakterisasi reservoir guna mengidentifikasi zona-zona potensial hidrokarbon dan menentukan nilai properti petrofisikanya. Analisis dilakukan dengan mengintegrasikan data dari empat sumur, meliputi data <em>well log</em> (<em>triple combo</em>), <em>mud log</em>, dan <em>core</em>. Metode penelitian menggabungkan analisis kualitatif melalui quick look interpretation untuk identifikasi awal zona prospek, yang dilanjutkan dengan analisis kuantitatif menggunakan perangkat lunak petrofisika untuk menghitung parameter reservoir seperti volume serpih, porositas, permeabilitas, dan saturasi air. Hasil analisis kualitatif menunjukkan adanya 5 zona potensial dari total sumur yang dievaluasi. Berdasarkan analisis kuantitatif lebih lanjut, 3 zona di antaranya direkomendasikan sebagai kandidat untuk <em>Drill Stem Test</em> (DST). Zona-zona kandidat ini menunjukkan karakteristik reservoir yang menjanjikan dengan rata-rata porositas 18-28% (baik-istimewa), permeabilitas 27.2–261 mD, dan saturasi air 47–53%. Penentuan ini didasarkan pada nilai batas (<em>cut-off</em>) asumsi: porositas &gt;18%, volume serpih &lt;46%, dan saturasi air &lt;53%, yang mengonfirmasi prospek hidrokarbon yang signifikan di lapangan penelitian</strong></p> Andika Alfarisi, Rian Cahya Rohmana, Widi Atmoko Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/986 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0000 Evaluasi Lifting Efficiency Pompa Angguk Pada Sumur RFD Di Lapangan YM https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/1011 <p><strong>Pompa SRP atau <em>Sucker Rod Pump </em>merupakan salah satu <em>artificial lift</em> yang digunakan untuk meningkatkan suatu sumur dengan tahap <em>primary recovery</em>. Dengan kerja pompa yang sangat berat maka performa pompa akan menurun, maka dari itu pentingnya evaluasi untuk menghitung efisiensi kerja pompa, efisiensi kerjanya dalam mengangkut fluida dan juga efisiensi pompa untuk menampung fluida dari bawah sumur ke permukaan. Pada sumur tersebut mempunya water cut di atas 80%, maka dari itu sumur RFD merupakan <em>water cut</em> paling kecil 66,1% dan juga memiliki laju alir produksi 50,2% dari pada kapasitas sumur produksi, maka perlu di evaluasi kemampuan produksi dan kapasitas pompa yang digunakan, kemudian dilakukan analisis pompa untuk mendapatkan informasi pompa <em>Sucker Rod Pump</em> untuk dilakukan evaluasi berupa tekanan dan temperatur fluida pada sumur produksi. Studi kasus dengan intepretasi data kuantitatif, untuk melihat kemampuan produksi sumur RFD dengan hasil yang maksimal, data kemudian dilakukan perhitungan untuk evaluasi pada sumur, dari hasil analisis maka dapat di tentukan Langkah yang akan&nbsp; dilakukan selanjutnya untuk mengoptimalkan kinerja pada pompa <em>Sucker Rod</em>, mengubah di ukuran plunger pompa menjadi 2 inci dan serta Panjang stroke menjadi 35 inci dari pada hasil evaluasi yang sudah dilakukan maka hasil dari optimasi sumur produksi yang menghasilkan efisiensi volumetris sebesar 83,9% dan lajur alir maksimum mendapatkan hasil 105,6 bpd.</strong></p> Rafid Mahasin Aryanto, Fidya Varayesi Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/1011 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0000