https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/issue/feed Jurnal Teknik & Teknologi Terapan 2024-05-13T03:41:11+00:00 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan JTTT@tau.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">adalah jurnal yang menampilkan hasil-hasil riset dan kajian bidang rekayasa dan teknologi terapan, khususnya berbasis infrasturktur, konstruksi, industri, geologi, geofisika, pertambangan, perminyakan, gas bumi, energi terbarukan, dan keilmuan lain yang relevan.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Pengelola:</strong> Kerjasama antara Prodi Teknik Sipil dengan Prodi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik dan Teknologi, Tanri Abeng University.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Terbit 2 kali setahun</strong> : Mei dan Oktober</p> https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/622 Memodelkan Pelayanan Angkutan Umum di kota Bogor 2024-04-23T05:35:34+00:00 Syaiful Syaiful syaiful@ft.uika-bogor.ac.id Praktiso Praktiso syaiful@ft.uika-bogor.ac.id Sri Wiwoho Mudjarnarko syaiful@ft.uika-bogor.ac.id Puri Anita Lestari syaiful@ft.uika-bogor.ac.id <p>Perjalanan transportasi adalah bagian yang sangat penting bagi masyarakat sebagai akses penghubung antara trayek yang satu dengan trayek berikutnya. Transportasi di kota Bogor sangat spesifik sehingga menentukan pelayanan angkutan umum secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi eksiting dan tingkat pelayanan angkutan umum angkutan umum trayek Salabenda-Pasar Anyar. Dalam pelayanan angkutan umum didapatkan tingkat load factor dengan hasil penelitian tidak memenuhi standar ketentuan yaitu kurang dari 70%, kecepatan dengan hasil penelitian tidak memenuhi standar ketentuan 25 km/jam, waktu tempuh dengan hasil penelitian memenuhi standar ketentuan 1-1,5 menit/km, waktu tunggu hasil penelitian memenuhi standar ketentuan 5-10 menit. Selanjutnya headway memenuhi standar ketentuan 1-12 menit. Tingkat pelayanan angkutan umum angkot trayek Salabenda – Pasar Anyar di Kota Bogor. Dari hasil penelitian didapakan bahwa rata-rata untuk load faktor tidak memenuhi standar sehingga perlu dievaluasi lebih lanjut untuk memodelkan angkutan umum perkotaan menjadi angkutan feeder sebagai solusi.</p> 2024-05-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/623 Kajian Kelayakan Struktur Jembatan Penyeberangan Orang 2024-04-22T09:17:36+00:00 Atik Wahyuni atikwahyuni@umsida.ac.id Hendri Hermawan atikwahyuni@umsida.ac.id Dyah Ayu Restuti Wulandari atikwahyuni@umsida.ac.id <p>Keberadaan Jembatan penyeberangan orang (JPO) sangat dibutuhkan, terutama sekali jika berada di area pusat perdagangan, pendidikan maupun pemerintahan. Akan tetapi seringkali kondisi JPO terlihat memprihatinkan dengan banyaknya sampah dan kondisi struktur jembatan mengalami beberapa kerusakan, hal ini menimbulkan ke khawatiran tersendiri untuk pejalan kaki menggunakan JPO. Penurunan layak fungsi jembatan ini akibat kurangnya biaya perawatan, perubahan fungsi, serta kelalaian pemeliharaan dan perawatan rutin Jembatan penyeberangan orang (JPO), untuk itu perlu adanya peningkatan keandalan fisik JPO dan perlengkapannya dalam menunjang fungsi JPO untuk tercapainya unsur-unsur keselamatan, kenyamanan, kemudahan terutama mengacu pada standar dan pedoman teknis bangunan JPO yang dikeluarkan oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI.</p> 2024-05-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/624 Analisis Kelayakan Investasi Pada Proyek Perumahan Mahardika Residence Sesuai Analisis Biaya Dan Analisis Permintaan 2024-04-22T08:48:06+00:00 Dicky Hermawan Sukarjo dickyhermawan17313@gmail.com Fisika Prasetyo Putra fisika.prasetyo@uta45jakarta.ac.id Filki Suri Widyatami filki.widyatami@tau.ac.id <p>Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang sangat pesat dan semakin meningkatnya taraf hidup, akan mengakibatkan kebutuhan rumah tinggal juga semakin meningkat. Salah satu cara memenuhi kebutuhan rumah tinggal adalah dengan membangun sebuah perumahan. Pembangunan perumahan harus memenuhi kelayakan secara finansial dan harga jual rumah merupakan acuan pertimbangan pemilihan rumah oleh pembeli, di samping berbagai fasilitas yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya harga jual yang sesuai untuk tiap tipe rumah pada proyek perumahan Mahardika Residence, berdasarkan analisa biaya dan analisa permintaan pasar. Penelitian ini menggunakan metode analisa titik impas untuk menganalisis biaya, dan metode survei langsung dengan penyebaran kuesioner untuk menganalisis permintaan pasar. Analisa tersebut mempertemukan kurva biaya dan kurva pendapatan untuk mendapatkan harga. Berdasarkan metode tersebut dapat diketahui harga jual rumah yang dapat diterima oleh pengembang dan konsumen. Harga ditentukan berdasarkan jumlah unit yang memberikan keuntungan maksimum untuk tipe 30 Rp.181.000.000,00 sesuai dengan peraturan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat sebesar tipe 45/90 sebesar Rp.403.977.709 tipe ruko sebesar Rp.699.110.557. Dan menganalisis kelayakan investasi proyek pembangunan Mahardika <em>Residence</em> dari segi finansial, dengan kriteria kelayakan investasi <em>Net Present Value</em> (NPV), <em>Internal Rate of Return</em> (IRR), <em>Payback Period</em> (PP) dan <em>Profitability Index</em>(PI).Berdasarkan dari hasil perhitungan analisa investasi dengan masa investasi 5 tahun didapatkan nilai <em>Net Present Value</em> (NPV) sebesar Rp.6.162.548.004 (NPV&gt;0),<em> Internal Rate of Return</em> (IRR) diperoleh nilai 17,89% (IRR&gt;MARR), <em>Payback Period</em> (PP) pada tahun ke 4,23 Tahun. dan Nilai <em>Profitability Index</em> 1,018.</p> 2024-05-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/629 Analisis dan Simulasi Container Chasis Menggunakan Software Solidworks 2019 2024-05-07T08:36:50+00:00 Muktar Sinaga muktar.sinaga@uta45jakarta.ac.id Amma Muliya Romadoni amma.muliya@uta45jakarta.ac.id Fajri Hidayat fajri.hidayat@uta45jakarta.ac.id Aditiya Airlangga Saputra4 hasbuloh911@gmail.com <p><strong>Dalam perancangan dan pembuatan alat angkat dan angkut, kerangka atau <em>chassis </em>adalah komponen utama yang harus dipikirkan secara matang, alat angkat dan angkut harus memiliki standar tertentu yang dapat memberikan keamanan saat diberi muatan. Tujuan dari penelitian ini untuk memenuhi standar kekuatan <em>Container Chasis </em>dan <em>Corner Casting</em> serta dimensinya. Untuk <em>Container Chasis design </em>rangka dan pemilihan bahan material yang digunakan juga menentukan kekuatan pada <em>Container Chasis</em>. Material yang dipilih yaitu baja ST37. Dari analisa yang telah dilakukan didapatkan hasil perhitungan defleksi maksimum pada <em>Container Shasis </em>adalah 1,19 cm atau 1,2 cm, Beban maksimal dengan berat sendiri pada salah satu <em>chasis </em>yaitu P maks ≥ berat sendiri = 82328 kg ( temasuk berat sendiri ), beban maksimal tidak termasuk berat sendiri pada salah satu <em>chassis </em>adalah P maks = 81557,1 kg, beban ijin pada salah satu<em> chassis </em>dengan <em>Sf </em>1,5 yaitu P = 54.371,4 kg dan tegangan geser yang di peroleh pada salah satu <em>Twish Lock </em>adalah = 10283,01 kPa. Analisis statik dengan Solidworks 2019 pada <em>Corner Casting</em> berbahan Cast Carbon Steel diperoleh hasil yaitu <em>stress analysis</em> maksimum 3,795x10<sup>8</sup> N/m<sup>2</sup>, <em>deflection analysis </em>maksimum 0,1904 mm dan <em>strain analysis </em>maksimum sebesar 1,378x10<sup>-3</sup>. Berdasarkan hasil tersebut dimana stress maksimum yang terjadi &lt; stress ijin (σ) dan beban (P) <em>Container Chassis</em>&lt; beban ijin (Ṕ), dengan demikian <em>Container Chassis</em> dan Corner Casting aman untuk digunakan</strong></p> 2024-05-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/631 Analisis Kekuatan Bearing Block Alumunium 6061 pada Pemisah Sampah Otomatis Menggunakan Metode Elemen Hingga 2024-05-07T08:38:50+00:00 Siti Nurzehan Maulidiawati siti.maulidiawati_tm21@gmail.com <p><strong>Pemisahan dan pengolahan sampah menjadi hal yang penting untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas, alat pemisah sampah otomatis telah dikembangkan. Salah satu komponen penting dalam alat tersebut adalah <em>bearing block</em> yang mendukung beban dan gerakan rotasi dalam pemisahan sampah. Namun, kekuatan bearing block menjadi perhatian utama dalam desain dan operasional alat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kekuatan sebuah <em>bearing block</em> pada pemisah sampah otomatis. Analisis menggunakan metode elemen hingga dengan <em>software Autodesk Inventor</em>. Hasil analisis menunjukkan bahwa<em> bearing</em> block memiliki tegangan von Mises maksimum sebesar 0,1226 Mpa, <em>displacement</em> sebesar 6,968 mm, dan <em>safety factor</em> sebesar 15 ul. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bearing block dapat digunakan dengan baik untuk mesin pemilah sampah tersebut. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengolahan sampah dan rekayasa struktural serta dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi pemisahan sampah otomatis</strong></p> 2024-05-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan https://jurnal.tau.ac.id/index.php/jttt/article/view/628 Analisis Performance Maintenance Pada Blowout Preventer Menggunakan Metode Reability MTBF MTTR Dan Degradation Test Rubber Packing Element 2024-05-07T08:39:54+00:00 Afi Stiya Bastari afi@student.tau.ac.id Fidya Varayesi Afi@student.tau.ac.id <p><strong>Pengelolaan aset yang ada pada perusahaan merupakan modal dalam mencapai suatu tujuan Perusahaan. Peralatan eksplorasi memiliki peran penting dalam keberlangsungan aktivitas eksplorasi, namun pada pelaksanaan pemeliharaannya sering ditemui kasus terjadinya breakdown pada eksplorasi. Permasalahan ini dapat dianalisis dengan <em>Performance Maintenance</em> di fokuskan pada peralatan <em>Blowout preventer</em>. Dengan penelitian menggunakan menghitung nilai MTBF, Maintanability MTTR serta <em>availability</em>. data data yang mengalami kerusakan peralatan dari perusahaan digunakan untuk menganalisis manakah alat-alat primer pengeboran yang seringkali mengalami <em>breakdown</em> terbanyak diantara alat-alat lainnya, penulis menggunakan analisis <em>fishbone</em> buat memecahkan persoalan faktor – faktor penyebab kerusakan berasal dari empat faktor penyebab, yaitu lingkungan, metode, manusia dan komponen. Hasil analisis pada Performance Maintenance pada peralatan BOP System selama 3 bulan pada periode Oktober 2022 sampai Desember 2022, bahwa: nilai MTBF 25678 menit, sedangkan MTTR, adalah 18 jam, dan <em>availability</em>, adalah 94%. dalam penelitian ini pula dibahas tentang degradation test pada BOP untuk mengetahui kemampuan pada rubber packing element penyebab kerusakan BOP yang terjadi, Penumpukan bubur semen pada <em>rubber packing</em>, fluida hidrolik tersumbat dan kebocoran pada bagian seal piston.</strong></p> 2024-05-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik & Teknologi Terapan