Kredibilitas Dosen dan Motivasi Belajar Mahasiswa: Analisis Korelasional pada Program Studi Komunikasi Universitas Halim Sanusi

Authors

  • Robby Rachman Nurdiantara Universitas Halim Sanusi
  • Asmarandani Heryadi Putri Universitas Halim Sanusi

DOI:

https://doi.org/10.47970/jkd.v1i1.958

Keywords:

Kredibilitas Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa, Komunikasi Pendidikan, Pendidikan Tinggi, Komunikasi Interpersonal Dosen dan Mahasiswa

Abstract

Pendidikan tinggi berperan penting dalam membentuk generasi profesional yang kompeten. Salah satu indikator keberhasilannya adalah motivasi belajar mahasiswa, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kredibilitas dosen. Kredibilitas dosen mencerminkan persepsi mahasiswa terhadap keahlian, integritas, dan kemampuan komunikasi dosen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara kredibilitas dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Komunikasi Universitas Halim Sanusi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif angkatan 2022 yang berjumlah 34 orang, teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa kuesioner disebarkan kepada seluruh anggota populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), nilai koefisien regresi sebesar 0.301, dan nilai R sebesar 0.612. Sementara itu, nilai R² sebesar 0.375 mengindikasikan bahwa 37,5% variasi motivasi belajar mahasiswa dapat dijelaskan oleh kredibilitas dosen. Temuan ini menegaskan bahwa semakin tinggi kredibilitas dosen, yang mencakup aspek kompetensi, kepercayaan, dan daya tarik, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa.

Published

2025-10-13

How to Cite

Rachman Nurdiantara, R., & Heryadi Putri, A. (2025). Kredibilitas Dosen dan Motivasi Belajar Mahasiswa: Analisis Korelasional pada Program Studi Komunikasi Universitas Halim Sanusi. Jurnal Komunikasi Dialogis, 1(1), 48–69. https://doi.org/10.47970/jkd.v1i1.958